Tugas Etika Bisnis ke-3

Bagaimana saudara menyikapi krisis listrik (pemadaman listrik secara bergilir di Indonesia khususnya Jawa-Bali) dikaitkan dengan etika bisnis!

Ketersediaan energi listrik sangat vital bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Terobosan demi terobosan harus terus dicari demi berakhirnya byarpet yang merugikan dunia usaha dan terjaminnya energi listrik di masa depan. Beberapa tahun terakhir ini, hampir setiap hari kabar pemadaman bergilir merebak di sejumlah daerah di negeri ini.

Dari sudut ekonomi listrik di Indonesia merupakan hambatan untuk meningkatkan daya saing. Hal ini menurunkan minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Kondisi ini tidak terjadi di sejumlah negeri jiran seperti Malaysia, Filipina, bahkan Vietnam. Pemerintah negara-negara itu benar-benar menjaga pasokan listrik di kawasan industrinya. Sedangkan di Indonesia, pasokan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) kepada industri sangat kurang.

PLN melakukan upaya mengenai krisis listrik ini di antaranya dengan menghimbau masyarakat menghemat pemakaian listrik, mengurangi komsumsi listrik. Namun, himbauan ini kurang mendapat sambutan di masyarakat karena pemerintah dalam hal ini departemen dan instansi yang ada, justru boros dalam menggunakan listrik. Banyak gedung-gedung pemerintah yang lampu dan AC-nya masih menyala padahal sudah tidak ada orang. Kesadaran untuk hemat listrik itu masih lemah di kalangan aparat pemerintah.  Upaya lain yang dilakukan adalah dengan menambah pasokan listrik lewat proyek pembangkit listrik 10.000 megawatt (MW) dengan dominasi pembangkit listrik berbahan bakar batubara (PLTU). Sejak 2006, sekitar 34 proyek PLTU yang tersebar di Pulau Jawa dan luar Jawa dicanangkan. Pengerjaan proyek ini tidak berjalan mulus karena komitmen pendanaan dari lembaga keuangan beberapa negara seperti Tiongkok mengalami renegosiasi akibat krisis ekonomi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: