Apakah Kota “Primate”

Apakah Kota “Primate”

Kota “primate” adalah kota yang setidaknya ukurannya dua kali lebih besar dibandingkan dengan kota terbesar di bawahnya dan dua kali pula lebih penting dalam sumbangan budaya dan ekonomi.

Kota-kota “primate” berpopulasi besar dan memiliki aktivitas ekonomi sangat penting di negaranya. Kota-kota itu mesin vital untuk investasi dan kadang menyumbangkan banyak keuntungan untuk seluruh negara. Sebagian besar kota-kota “primate”, tetapi tidak selalu adalah ibukota. Contoh yang paling nyata adalah kota-kota “alpha” dunia, yaitu Paris dan London.

Bangkok adalah contoh kota “primate” yang ekstrem. Penduduknya yang berjumlah 7,5 juta orang, 15 kali lebih banyak daripada kota terbesar kedua, Nonthaburi yang berpenduduk 481.000 orang. Bangkok juga mengilustrasikan bagaimana masalah perkotaan seperti banjir, urbanisasi, volume transportasi, polusi dan tekanan keuangan membuat kota “primate” di Negara berkembang kewalahan.

Tidak setiap negara memiliki kota primate. Beberapa contohnya adalah Australia, Kanada, China, India, Italia dan Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: