Apakah Salju Kilimanjaro Menghilang

Apakah Salju Kilimanjaro Menghilang


Puncak Gunung Kilimanjaro yang tertutup salju sangat terkenal dan kini gunung itu kehilangan mahkota tersebut. Salju di puncak gunung tertinggi di Afrika yang selama beberapa dekade terus menyusut itu terancam akan meleleh sam sekali.

Hamper 90 persen salju dan es yang menutupi puncak Kilimanjaro pada tahun 1912 mulai menyusut. Es di puncak gunung itu semakin cepat menghilang, menyusut 26 persen dalam satu dekade terakhir.

Para ilmuwan yang prihatin dengan hilangnya es di puncak gunung itu, memasang peralatan pada tahun 2000. Data dari peralatan tersebut dan pengamatan mata melalui fotografi udara memperlihatkan kedalaman dan area permukaan puncak es menyusut dengan kecepatan sama.

Para peneliti berbeda pandangan mengenai penyebab pencairan terakhir. Beberapa menyebut penyebabnya adalah kegiatan manusia, mungkin akibat pemanasan global sehingga es di puncak Kilimanjaro perlahan-lahan habis. Pegunungan Himalaya dan kawasan es di sejumlah tempat di dunia juga mengalami peningkatan pelelehan es.

Apa pun alasan penyusutan itu, keberadaan salju Kilimanjaro terancam. Jika kecenderungan terakhir berlanjut, salju dan es itu mungkin benar-benar menghilang dalam 20 tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: