KEPUTUSAN MEMBELI

Pengertian keputusan membeli

Menurut Schiffman dan Kanuk , keputusan didefinisikan sebagai sebuah pilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan. Ditinjau dari perilaku konsumen, maka ketika seseorang telah memilih membeli atau tidak membeli, pilihan antara merek satu dengan merek yang lain, atau pilihan menghabiskan waktu dengan melakukan A atau B, orang itu berada dalam posisi membuat keputusan.

Sebuah keputusan membeli terjadi melalui proses perilaku yang terdiri dari lima tahap, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi terhadap alternatif-alternatif , keputusan membeli, dan kemudian hasil atau perilaku purna beli. Kelima tahap ini menunjukkan bahwa proses pembelian dimulai dari jauh sebelum saat dilaksanakannya pembelian dan memiliki konsekuensi jauh setelah pembelian.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa keputusan membeli dapat didefinisikan sebagai perilaku yang diambil oleh konsumen dari beberapa alternatif pilihan melalui lima tahap pada keputusan membeli, sehingga didapat keputusan yang sesuai.

faktor-faktor yang Mempengaruhi keputusan membeli

Menurut Basu dan Irawan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli adalah berbeda-beda untuk masing-masing individu. Faktor-faktor tersebut adalah

  • kebudayaan,
  • kelas sosial,
  • kelompok referensi kecil,
  • keluarga,
  • pengalaman,
  • kepribadian,
  • sikap dan kepercayaan, dan
  • konsep diri.

Sedangkan menurut kotler faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembeli adalah

  • faktor budaya,
  • social,
  • personal dan
  • psikologis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: