Di mana Tiupan Angin Terkencang di Dunia

Di mana Tiupan Angin Terkencang di Dunia

Puncak Gunung Washington, yang berada pada ketinggian 1.916 meter, selama ini dianggap sebagai tempat yang memiliki cuaca terburuk di dunia. Salah satu alasannya, pada 12 April 1934, terekam tiupan angin terkencang dengan kecepatan sekitar 372 kilometer per jam di puncak gunung itu.

Namun, ketika para ahli meteorology meneliti data cuaca ekstrem dari seluruh dunia pada awal tahun 2010, mereka menemukan tempat yang tiupan anginnya melebihi rekor Gunung Washington yang telah bertahan selama 60 tahun. Rekor baru itu terjadi tahun 1996 ketika topan Olivia menyerang Pulau Barrow, Australia dengan kecepatan 407 kilometer per jam.

Gunung Washington tetap memegang rekor cuaca terburuk di dunia karena cuacanya yang ekstrem. Hal itu, antara lain, terlihat saat hujan salju 24 jam pada tahun 1964 yang meninggalkan lapisan salju setebal 124,5 cm. Rata-rata temperature di titik itu adalah minus 3 derajat dan rata-rata salju turun setiap tahunnya setebal 648,5 cm.

Ekstremnya cuaca di Gunung Washington diakibatkan posisi puncak gunung yang menjadi titik persimpangan badai yang dating dari barat menuju timur Amerika dan Kanada. Apalagi, jajaran gunung di New England ikut berperan “menyalurkan” badai yang bergerak menuju puncak Gunung Washington. Alhasil, ada sekitar 100 hari dalam setahun di mana angin bertiup dengan kekuatan topan di tempat itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: