konsep pemasaran

Konsep Pemasaran

Dalam hal mewujudkan suatu aktifitas pemasaran yang efektif diperlukan suatu konsep yang di gunakan sebagai alat untuk menetapkan langkah yang mendukung.

Philip Kotler dan amstrong dalam bukunya Dasar-dasar pemasaran (2002,17), menetapkan definisi konsep pemasaran adalah :

Pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing”

Definisi tersebut menggambarkan bahwa perusahaan dalam hal ini pihak manajemen pemasaran harus dapat menetapkan kebutuhan dan keinginan pasar menjadi yang pertama dan mendahului pesaing.

Terdapat sebelas kunci pokok konsep inti pemasaran yang juga diberikan oleh Kotler dalam bukunya (2001,13), ia menjabarkan sebagai berikut :

1.   Kebutuhan

Kebutuhan adalah pernyataan dari rasa kehilangan

2.   Keinginan

Keinginan adalah bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadian individual.

3.   Permintaan

Permintaan adalah keinginan yang didukung oleh daya beli.

4.   Produk

Produk adalah segala yang bisa di tawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.

5.   Nilai bagi pelanggan

Merupakan perbedaan antara nilai yang dimiliki yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.

6.   Keputusan

Sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan seorang pembeli. Bila kinerja produk lebih rendah ketimbangharapan pelanggan, pembelinya tidak puas, bila prestasi sesuai atau melebihi harapan, pembelinya merasa puas atau merasa amat gembira.

7.   Total Quality Management (TQM)

Total Quality Managemnt program yang pada dasranya adalah sebuah program perubahan sedikit demi sedikit yang terus menerus.

8.   Pertukaran

Pertukaran adalah tindakan memperoleh objek yang didambakan dari seseorang dengan menawarkan sesuai sebagai penggantinya.

9. Transaksi

Perdagangan antara dua pihak, yang paling sedikit melibatkan dua macam nilai, persetujuan mengenai waktu, dan persetujuan mengenai tempat.

10. Hubungan Pemasaran

Proses menciptakan, memelihara dan meningkatkan hubungan erat yang semakin lama semakin bernilai dengan pelanggan dan pihak-pihak berkepentingan yang lain.

11. Pasar

Perangkat dari semua pembeli aktual dan potensial suatu produk atau jasa.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: